-->

Selasa, 10 Januari 2017

Menyingsing Fajar

Masih pagi adzan subuhpun belum berkumandang, sudah bersiap sy untuk melakukan perjalanan. selepas sholat subuh bergegas sy menuju stasiun diantar istri. perjalanan pagi selalu memukau, banyak semangat yg menular bagi siapa saja ketika melihat orang-orang yg sepagi ini bergelut dengan berbagai macam hal untuk mendapatkan rupiaj ataupun yg namanya kesehatan. smpai di stasiun ternyata sudah banyak juga orang-orang yang diantar sama seperti saya, dan bnyak juga yg sudah masuk kereta, menunggu diberangkatkan pukul 5.30. Jelaslah bahwa orang-orang yg ada di sini adalah juga orang yg penuh semangat.
Akan terasa berat bagi beberapa orang untuk bangun sepagi ini. maka sy sebut orang-orang di kereta ini adalah orang hebat, terlebih lagi bapak masinis dan krunya, para porter yg menjemput rejeki sudah berjajar rapi didepan stasiun berharap ada yg sudi menggunakan jasanya. ini bukan sekedar semangat tentang mengejar materi, ini adalah menyangkut, perasaan juga hubungan sosial. ya mereka, dia, dan sy memang bekerja untuk mendapatkan materi (uang) tapi apa yg mendorong motif itu? dibelakangnya ada tanggung jawab dan ibadah. tanggung jawab menafkahi istri dan anak dan bekerja sebagai bentuk ibadah.
Tak hanya itu perbincangan dr para penumpang yg baru saja bertemu muka menunjukkan bahwa ini adalah tempat bersosialisasi yg baik, tmpak polos jujur dan tak ada tipu-tipu. banyak juga dr perbincangan yg ada terdengar bahwa beliau melakukan perjalanan untuk berkunjung ke tempat saudara. entah kenapa hanya berkunjung ke tempat saudara harus rela mandi pagi buta dan menerjang dingin menuju stasiun. mungkin sederhana sebab ada hubungan manusia dengan manusia yg harus dijalin baik sejalan dengan hubungan manusia dengan Tuhannya dan manusia dengan lingkungan atau alam. silaturahim yg katanya menambah rejeki dan memanjangkan usia seseorang nampaknya adalah hal yg dipercayai. termasuk sy juga meyakini hal tersebut. semoga bisa terus bersilaturahim dan diberkahi rejeki yg halal serta umur panjang untuk berbuat baik
#KALogawamenyingsingfajar10januari2017dalamperjalananmenujujogja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar