-->

Kamis, 10 November 2011

Pahlawan sesungguhnya

Hari yang masih pagi di 10 November 2011. Tanggal ini adalah tanggal yang sakral bagi bangsa Indonesia. Setiap tanggal 10 november bangsa Indonesia menyebutnya sebagai hari pahlawan, hari untuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan. Kenapa bisa tanggal 10 november sebagai hari pahlawan, tidak tanggal2 yang lain?. Tanggal 10 november dipilih karena pada tanggal 10 november 1945 terjadi peperangan yang heroik dari rakyat Surabaya melawan tentara sekutu. Pada pertempuran itu Bung Tomo merupakan penggerak atau penyemangat para pejuang untuk melawan tentara sekutu, pada pertempuran ini salah satu jendral (Mallaby) dari sekutu tewas. Itulah alas an kenapa pada tanggal 10 november diperingati sebagai hari pahlawan.
10 november diperingati sebagai hari pahlawan secara nasional saya agak kurang setuju, lebih tepat jika hari itu saya sebut sebagai hari pejuang. Bukan tanpa alas an saya berani mengemukakan demikian. Bung Tomo yang merupakan salah satu pejuang dalam perang 10 november 1945 dan merupakan penggerak/pemimpin dalam perang baru mendapat pengakuan sebagai pahlawan nasional pada tahun 2008. Mungkin tanpa pengakuan dari pemerintahpun masyarakat sudah menyebut Bung Tomo sebagai pahlawan, tapi kenapa orang yang berjasa besar kepada bangsa ini harus menunggu waktu lama dan syarat yang berbelit-belit untuk dianggap sebagai pahlawan secara resmi oleh pemerintah?. Penyebutan pahlawan harus mendapat pengakuan dari pemerintah, lantas bagaimana para pejuang yang sudah gugur dan belum mendapat penghargaan gelar pahlawan?, Itulah mengapa saya lebih suka menyebutnya sebagai hari pejuang, mungkin akan lebih tepat lagi jika menyebutnya pejuang kemerdekaan.
Kata-kata pahlawan dapat diartikan luas oleh setiap orang, ada yang menyebutnya orang yang berjuang untuk bangsa, ada pula yang menyebutnya orang yang berjasa bagi siapa saja, ada juga yang beranggapan bahwa pahlawan merupakan gelar kehormatan yang diberikan pemerintah. Banyak sekali makna dari kata pahlawan terserah anda mau mengartkan apa?. Kalo saya cenderung mengartikan pahlawan sesungguhnya adalah orang yang berjasa, bermanfaat, memberi pengaruh positif terhadap orang lain, jadi jika kita sudah begitu kita layak menyebut diri kita sebagai pahlawan. Saya juga menyebut ibu dan bapak saya sebagai pahlawan karena mereka telah berjasa sangat banyak, merawat dan membesarkan saya sampai sekarang. Guru saya juga saya sebut sebagai pahlawan saya karena mereka telah berjasa mendidik saya memberikan saya ilmu pengetahunan sehingga saya menjadi seperti ini.
Guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa, tapi itu dulu, sekarang seiring dengan perkembangan jaman nama pahlawan tanpa tanda jasa sudah tidak lagi disematkan kepada sosok seorang guru. Kenapa bisa begitu? Alasan apa yang menyebabkan gelah pahlawan tanpa tanda jasa guru hilang?. Guru pada masa sekarang ini sudah terjamin kesejahteraannya tidak seperti dulu, dimana guru selain mengajar juga harus mencari kerja sambilan untuk memperoleh penghasilan. Sekarang ini guru sudah mendapat penghasilan yang cukup dengan hanya menjadi sebagai guru. Lantas itu semua dianggap sebagai balasan jasa, jadi penghasilan yang cukup tersebut adalah balasan jasa dari apa yang dilakukan, yaitu mengajar, mendidik tunas-tunas bangsa. Gelar pahlawan tanpa tanda jasa seorang guru tersebut rontok karena jasa yang diterimanya, sekarang ini guru disebut sebagai pembangun insan cendekia. Yah apaun sebutannya yang jelas beliau para guru, guru saya, semuanya saya anggap sebagai pahlawan karena beliau saya bisa seperti ini dan bisa menulis ini.
Gelar pahlawan tanpa tanda jasa guru bisa hilang dan diganti seiring perkembangan jaman. Sebuah pertanyaan muncul, apakah gelar pahlawan yang disematkan pada Bung Tomo dan pahlawan-pahlawan lain juga akan bernasib sama seperti gelar pahlawan tanpa tanda jasa guru seiring perkembangan jaman?. Saya hanya bisa berharap TIDAK, mungkin itulah harapan kita semua atas pertanyaan di atas. Semoga para pembangun insan cendekia dapat mencetak pahlawan-pahlawan baru untuk bangsa ini, pahlawan yang tak mengharapkan jasa atas apa yang telah dilakukan sebagai seorang pahlawan. Kita semua adalah pahlawan oleh karena itu mari kita bangun bangsa kita ini sesuai dengan kemampuan kita dan keahlian kita. Semoga para pahlawan yang telah berjasa bagi bangsa dan Negara ini mendapat imbalan yang setimpal dari Allah SWT, aminnnnnnnnnnnnnnnn,
Terimakasih Pahlawanku
Selamat hari pejuang kemerdekan
Selamat hari pahlawan
MERDEKA!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar