-->

Sabtu, 27 Agustus 2011

Tips Mudik Aman & Nyaman

Lebaran tinggal menghitung hari, dan semua umat muslim di Indonesia mempersiapkanya dengan berbagai macam hal. Baju baru, ketupat, opor ayam, mudik merupakan beberapa hal yang tidak bisa dilepaskan dari yang namanya lebaran. Padahal sebenarnya lebaran adalah hari kemenangan yang harus disikapi dengan bijak tidak hanya dengan hal-hal yang duniawi saja tetapi juga spiritual. Kita kembali suci setelah menempuh ujian di bulan puasa, kita juga perlu bersedih karena bulan puasa bulan yang penuh rahmat dari Allah s.w.t. meninggalkan kita. tapi tak apalah yang penting kita semua dapat kembali fitrah dengan saling memaafkan.
Tradisi yang sangat unik dan hanya ada di Indonesia adalah mudik. Mudik adalah kegiatan perantau/ pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya. Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang Lebaran. Pada saat itulah ada kesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan, selain tentunya juga sowan dengan orang tua.(Wikipedia).
Kegiatan mudik ini seringkali menimbulkan banyak koraban jiwa karena para pemudik seringkali melanggar peraturan dan banyak hal lainnya. Agar mudik aman dan nyaman berikut ini adalah tips aman dan nyaman mudik untuk pemudik bersepeda motor ala saya.

Tips Mudik Aman & Nyaman
  1.  Pastikan kendaraan anda siap untuk melakukan perjalanan jauh.
  2. Gunakan Helm SNI.
  3. Istirahatlah saat anda atau pembonceng anda lelah, mengatuk atau antrian sedang panjang.
  4. Periksalah kendaraan anda saat anda beristirahat.
  5. Persipakan bekal seperti: Ban dalam, kunci ring, busi.
  6. Jangan membawa barang terlalu banyak yang dapat mengganggu keamanan dan kenyamanan anda berkendara.
  7. Siapkan obat-obatan (P3k)
  8. Lebih aman lagi jika anda mudik 2 minggu setelah lebaran. Cepat, aman dan pasti nyaman.
Selamat mudik semoga selamat sampai tujuan. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar