Keefektifan
Pembelajaran IPS Melalui Model Mind
Mapping (Peta Pikiran) untuk Mengenal Permasalahan Sosial di Daerah
Setempat bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Paduraksa
Johar Alimuddin , 1402407106 (2011) Keefektifan Pembelajaran
IPS Melalui Model Mind Mapping (Peta Pikiran) untuk Mengenal Permasalahan
Sosial di Daerah Setempat bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02
Paduraksa.
Salah satu karakteristik pelajaran IPS yaitu cenderung pada
hafalan, oleh karena itu guru perlu menggunakan model pembelajaran yang dapat
membantu siswa mengingat. Mudahnya siswa mengingat apa yang dihafalkan dapat
berdampak positif pada peningkatan hasil belajar IPS siswa. Model pembelajaran
mind mapping (peta pikiran) merupakan salah satu model yang dapat membantu
siswa dalam mengingat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran mind mapping terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa dalam
pelajaran IPS materi permasalahan sosial di daerah setempat. Bentuk penelitian
ini yaitu eksperimen. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 02
Paduraksa sebagai kelas eksperimen dan di kelas IV SD Negeri 04 Paduraksa
sebagai kelas kontrol. Sampel dalam penelitian ini merupakan sampel jenuh,
karena seluruh anggota populasi dalam penelitian menjadi anggota sampel. Jumlah
sampel pada saat penelitian di kelas IV SD Negeri 02 dan 04 Paduraksa adalah 55
siswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu perbandingan grup statis.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode korelasi pearson
product moment untuk uji validitas dan Cronbach’s Alpha untuk uji reliabilitas.
Metode Lilliefors digunakan untuk menguji normalitas data serta metode
independent sample t-test untuk mengetahui uji homogenitas dan uji t (pengujian
hipotesis). Semua penghitungan tersebut diolah dengan bantuan SPSS versi 17.
Setelah dilakukan penelitian, nilai hasil belajar kelas eksperimen dan kelas
kontrol dibandingkan, kemudian dianalisis. Dalam penelitian juga dilakukan
pengamatan aktivitas belajar siswa di kelas eksperimen yang menggunakan model
pembelajaran mind mapping. Setelah dilakukan pengamatan aktivitas, diperoleh
rata-rata nilai aktivitas belajar siswa di kelas eksperimen sebesar 71,13.
Nilai tersebut termasuk dalam kategori baik. Aktivitas belajar yang baik tentu
berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Perbandingan nilai hasil
belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 69,68 dan 60,00. Setelah
dianalisis secara statistik menggunakan program SPSS versi 17, diperoleh hasil
thitung = 2,042 dan signifikansi = 0,046. Harga ttabel dengan dk 53 dan α 0,05=
2,006. Karena thitung > ttabel serta signifikansi 0,046 < 0,05, maka
terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model
pembelajaran peta pikiran dan yang tidak. Mengacu pada hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran mind mapping mempengaruhi aktivitas dan
hasil belajar siswa. Dengan demikian model pembelajaran mind mapping
berpengaruh efektif dan signifikan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa
pada pelajaran IPS materi permasalahan sosial di daerah setempat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar